RSS

Ungkapan Syukur

17 Jan

2641789899_14d564506c1

Iman itu punya dua sisi yang tak bisa dipisahkan satu sama lain. Dua sisi itu adalah syukur dan sabar. Setiap orang akan diuji oleh Allah dalam hidupnya untuk dinilai sisi keimanannya.

“Kami akan menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan hanya kepada Kamilah, kalian dikembalikan” (QS. Al-Anbiya ayat 35).

Selama ini orang mengira bersyukur lebih mudah dari pada bersabar.  Sehingga mereka lebih suka diberi ujian berupa kebaikan dan kenikmatan, daripada diuji dengan bencana dan malapetaka. padahal realitanya tidaklah begitu. Betapa banyak orang bergelimang harta dan kenikmatan, namun mereka tidak bisa mensyukurinya. Nikmat yang ada justru membuatnya lupa kepada Sang Pemberi. Mereka bernafas dalam lumpur maksiat.

“Harta-harta yang kau peroleh akan dihisab, dan dipertanyakan dari mana kau peroleh harta itu dan kemana kau belanjakan harta itu”

Bersyukur atas nikmat Allah lebih sulit dari bersabar atas cobaan dan ujian. Jumlah orang yang tidak tenggelam dalam lautan nikmat lebih sedikit daripada mereka yang larut dan hanyut.  Musibah membawa hikmah bagi banyak orang. Harta melimpah menjadikan pemiliknya lupa akan Sang Pencipta.

“Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang bersyukur” (QS. Saba’ ayat 13).

Mari kita simak Hadist berikut, sehingga kita tahu ungkapan syukur yang benar seperti apa.

Aisyah berkata, “Rasulullah kalau shalat, berdiri sampai membengkak kedua kakinya”. Lalu Aisyah bertanya, “Wahai, Rasulullah, sampai sebegitunya Anda beribadah, padahal dosa-dosa Anda yang telah lalu maupun yang akan datang telah di ampuni oleh Allah”. Beliau menjawab, “Apakah aku tidak boleh untuk menjadi hamba yang pandai bersyukur?” (HR. Muslim)

Untuk apa Rasulullah melakukan itu semua? Shalat malam sampai bengkak kedua kakinya? Jawabannya hanya satu. Untuk mensyukuri nikmat Allah yang beliau terima. Apa yang telah diberikan Allah kepadanya, semuanya di kembalikan kepada Allah dan digunakan untuk ibadah. Itulah cara mengungkapkan syukur yang harus kita ikuti.

Catatan : Konteks syukur tidak hanya sekedar menjalankan shalat. Segala kegiatan yang diniatkan karena Allah, Insya Allah menjadi bentuk syukur kita padaNya.

Tips : Bagi yang sedang mendapat ujian berupa kebaikan dan kenikmatan, lakukanlah shalat dan syukur. Bagi yang sedang mendapat ujian bencana, malapetaka dan kesedihan, lakukanlah shalat dan sabar.

About these ads
 
21 Komentar

Ditulis oleh pada 17 Januari 2009 in Uncategorized

 

21 responses to “Ungkapan Syukur

  1. Kurnea Dye

    14 Juli 2012 at 12:53

    subhannallah………..q btuh skali bertemu dgn orang” yg slalu mengingatkanq ..di tengah-tengah dunia yg mulai rentan nii..agr slalu ingat siapa kita…hakikatnya sbg manusia,,,,,,,,,,,,,,

     
  2. 'Yudhi RiyaNto'

    20 Mei 2012 at 08:52

    terimakasih smg bs jadi pencerahan, amiiien

     
  3. abdul gani pamboang

    28 April 2012 at 19:46

    sangat menyentuh…… smg hatiku ttp terbuka bwt siraman kata sejuk seperti ini

     
  4. Amien

    14 Maret 2012 at 05:36

    ane mohon izin share isinya yaah….

    syukran jazilan

     
  5. Wilton Ali

    8 Maret 2012 at 22:02

    Senang ataupun susah kita tetap harus beryukur dan bersabar di kala mendapat musibah…

     
  6. Andiafif

    6 November 2011 at 20:02

    Tidak terasa air mata menetes juga, terimakasih telah mengingatkan, untaian kata ini sangat berarti bagi saya. sekali lagi terimakasih.

     
  7. burhan el zahidy

    7 Juni 2011 at 09:25

    subhanallah artikel yang sangat bagus .

     
  8. MAHMUD

    20 Mei 2011 at 21:01

    kalo blh ane mau share smua kata2 anda biar tmen2 pada merasakan jg… sangat2 menyejukkan qalbu…

    kenuzi50 : silahkan mas mahmud, semoga bermanfaat…

     
  9. doelsbarbakosa

    3 Mei 2011 at 12:51

    amin…smoga kt menjadi manusia yg bersyukur , sabar dan iklas .

    kenuzi50 : amin.

     
  10. siti fatimah

    12 April 2011 at 10:07

    subhanallah.

    Izin share boleh…???

    kenuzi50 : magga, silahkan…

     
  11. ganis

    8 Februari 2011 at 13:34

    ya allah..
    aku amat merindukanMu….
    air Mataku tak cukup tuk menggantikan segala nikMatMu yg Engkau berikan pdku

    kenuzi50 : semoga Allah selalu memberikan hidayahNya… Amin.

     
  12. Restiyanah

    7 Januari 2011 at 09:43

    asslmkm
    makasih kata kata yang bapak tulis buat hati ku tenang dan ku lebih menyadari bahwa rasa syukur itu penting

    kenuzi50 : waalaikumsalam, semoga menjadi penyejuk buat mbak resti..

     
  13. hadisuharta

    28 Desember 2010 at 12:38

    Ya Alloh…. ampuni hambaMu ini yg hanya ingat Kau dikala sdg menghadapi kesedihan n kesulitan, tp seketika lupa jikalau nikmatMu menghampiriku… ingin rasanya sll istiqomah, tp apakah Kau msh menolongku??????

    kenuzi50 : cukuplah Allah dan Rsul sebagai penolongnya…

     
  14. idasusanti

    31 Oktober 2010 at 17:09

    BERULANG KU UCAP JAZAKILAH…DAN MOHO SHARE KATA KATA YANG MEMBUAT HATI KU TENANG,,,DAN MENJADIKAN AKU SMANGAT DALAM MENATA HATI.

    kenuzi50: oke. siap share kok… makasih sudah berkunjung :D

     
  15. dadan pendoel

    21 November 2009 at 19:10

    yap…………….qta mmng lpa klo sdh d beri knkmtn brup[a rizki………….

    kenuzi50: semoga kita menjadi orang yang pandai bersyukur…

     
  16. kweklina

    20 Januari 2009 at 20:25

    Mas kenuzi, aku juga bersyukur bisa kenal kamu dan menjadi sahabatmu! :D

    aku bersyukur banyak pelajaran menarik yang bisa kubaca diblogmu ini.

    Thanks ya…

    kenuzi50: sama-sama. walau secara fisik berjauhan, malah belum pernah ketemu langsung, rasanya ada sebuah kehilangan kalau sehari saja ngak nengok blognya mbak aling… (Iiiihhhh, jadi sok romantis deh…. :D)

     
  17. abindut

    20 Januari 2009 at 05:40

    mmm…
    Sepertinya bersyukur dan sabar saru paket ya.. gimana kalau tambah iklas, jadikan beli dua dapet satu…
    Ke tiganya susah banget tuh untuk menjalaninya perlu proses…

    kenuzi50: boleh, bi. beli berapa kilo. diatas 10 kilo dapat diskon deh….. :D

     
  18. kweklina

    20 Januari 2009 at 00:02

    Bersyukur dengan apa yang aku alami, akau dapati dan aku punya…karena tubuh dan dunia hanya fana.

    Ada kebahagian bathin dan jiwa yang sulit terungkap dengan kata.

    semoga aku juga bisa selalu bersyukur! :D

    kenuzi50: Amin. aku juga bersyukur punya temen sebaik mbak aling….. (deu, ngerayu nih…. :D)

     
  19. fachri

    18 Januari 2009 at 05:59

    jazakumullah khoir atas nasehatnya…

    kenuzi50: kita saling amar maruf mas……

     
  20. ernalilis

    17 Januari 2009 at 13:47

    Makasih Mas mengingatkan…
    Meski banyak orang bilang kesabaran itu ada batasnya…. tapi Na mencoba terus untuk sabar.. sabar dan terus sabar…

    kenuzi50: tempat bagi orang-orang yang sabar adalah disisiNya. Insya Allah. Mbak tak kasih do’a Nabi Daud yah…. (baca juga do’a Nabi Daud..)

     
  21. _rabindra

    17 Januari 2009 at 13:00

    setumpuk, Bang! eh, setuju.. :)

    bersyukurlah sebagaimana mestinya manusia. bersikaplah sebagai seorang manusia. karena manusia itu tidak berhak takabur. tidak berhak sombong. apalagi menghina sesama. ketika kta takabur, sombong, dan menghina sesama. kta sudah bertingkah tdk selayaknya manusia…

    shalatlah krn kta manusia. sabarlah krn kta manusia. dan syukurlah juga krn kita manusia.

    diperbolehkan manusia u/ tdk sholat. dipersilahkan manusia u/ sombong dan takabur. dgn catatan, silakan cari tempat lain, jangan pernah lagi tinggal dan memanfaatkan apa yg ada di bumi-Nya… :)

    kenuzi50: makasih, sahabatku (pinjem istilah mas nug…). hidup manusia…. wualah….he….he….

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 44 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: