RSS

Jilbab

19 Feb

jilbab_41

Maaf, tulisan ini agak spesifik. Hanya ingin mengajukan sebuah pertanyaan kecil. Sudahkan isteri-isteri anda, saudara-saudara perempuan anda, anak-anak perempuan anda mengamalkan Surat Al-Ahzab ayat 59 ..???

About these ads
 
39 Komentar

Ditulis oleh pada 19 Februari 2009 in Kajian

 

39 responses to “Jilbab

  1. wahyu firmansyah

    27 Juni 2013 at 00:29

    makasih

     
  2. viena yulianti

    22 Maret 2013 at 08:05

    jilbab adalah sesuatu yang sering kita anggap sebagai kebutuhan melaksanakan kewajiban sebagai wanita muslimah.
    tapi di zaman modern seperti sekarang ini,
    jilbab adalah sebauh benda trendi yang wajib dipakai demi tidak ketinggalan zaman.

    apakah tidak pernah terpikir dalam benak mereka
    bahwa perbuatan yang seperti itu dapat menyebabkan kemurkaan dari Allah SWT….?????

     
  3. salamah

    22 Oktober 2012 at 13:39

    kapan aku bisa mengajak smua akhwat ku menunaikan kewajiban itu secara istiqamah???

     
  4. muhammad baharudin al mustofa

    14 Agustus 2012 at 21:16

    kita juga jgn sekedar memakai jilbab tetapi ahlak kita jgn sperti kerdus : kerudung dusta ☼♥☼..☼♥☼..

     
  5. ahmad khairul anaam

    22 Mei 2012 at 09:45

    Tidak semua wanita yg berjilbab solehah…tetapi wanita yg solehah pasti berjilbab….:-)

     
  6. sofyan

    17 Januari 2012 at 10:00

    susah cri wanita yg bner2 berjilbab baik d luar maupun d dalam…

     
  7. Sekar hanum

    23 Agustus 2011 at 15:19

    Memakai Jilbab lebih banyak yg bermanfaat..
    Memakaikan Jilbab lebih cantik seperti mutiara :)

     
  8. Fitri Wulandari

    6 Juli 2011 at 19:50

    jilbabku membawaku ke jalan kebaikan :)

     
  9. Fitri Wulandari

    6 Juli 2011 at 19:48

    jilbabku selalu membawaku ke jalan kebaikan..” :)

     
  10. Fitri Wulandari

    6 Juli 2011 at 19:47

    jilbabku selalu membawaku ke jalan yang baiq….”

     
  11. izzy

    20 April 2011 at 19:11

    Insya Allah dgn berjilbab Allah akan memberikan kemudahan dlm hdp qt karena siapapun yg membantu membela agama Allah,maka Allah pun akan membantu hidupnya dan hal itu telah terbukti bahkan saya alami.Insya Allah jika qt semakin mendekat pada Allah,maka Allah pun akan memberikan kemudahan dlm hdp qt.

    kenuzi50 : amin.

     
  12. dedi

    9 Desember 2010 at 15:42

    dengan jilbab wanita akan senantiasa di hormati dan di hargai,
    karena jilbab adalah sebuah pakean yg melindungi diri dan mnjujung tinggi harga diri….!!!!

    kenuzi50 : setuju pisan…

     
  13. ani

    14 Juni 2010 at 20:00

    salam kenal ya mas……..
    janganlah jilbab di jadikan sebagai topeng untuk menutupi kebobrokan diri seseorang karna saat ini banyak sekali yg memakai jilbab tapi tak mengerti untuk apa memakai jilbab,semoga yang memakai jilbab bener2 hati mereka ikhlas & ridho karna Allah SWT

    kenuzi50 : jilbab yang paling utama adalah jilbab hati, cerminan jilbab hati adalah jilbab lahiriyah… semoga ani sudah berjilbab… salam kenal juga…

     
  14. DIO YUKI

    24 Maret 2010 at 13:29

    SEMOGA SEMUA
    WANITA YANG MENGENAKAN JILBAA ITU GA SEMU WANITA MUNAFAIK,
    DAN SEMOGA WANITA BERJILBA MEREKA PUN TAHU AKAN HUKUM” ALLAH.
    PA LAGI DI JAMAN MODEREN GINI JILBAB HA’A AIB SEMATA, YANG MENGUNAKAN JILBAB BUKAN UNTUK MENUTUPI AURAT’A TETAPI MENUTUPI AIB’A
    DEPAN PUBLIK DI MENUTUPI AURAT’A TPI DEPAN SANG RAJA TANPA MAHAR DIA JUAL SEGALA’A.

    kenuzi50 : semoga jilbab lahiriyah, mampu menjilbabi hati…

     
  15. andi st hadijah

    26 Desember 2009 at 17:12

    dengan berjilbab wanita akan lebih di hargai..g ada lagi deh yg ngeliat penuh nafsu gitu….

    @st hadijah : yap,.. setuju…..

     
  16. fais

    13 Desember 2009 at 07:22

    Alhamdulillah keluargaku terlahir dilingkungan berjilbab sehingga tidak sulit untuk melaksanakn perintah tersebut.
    mudahan Jilbabnya tidak sekedar ikut-ikutan melainakn tahu betul esensi penggunaanya.

    kenuzi50: Alhamdulillah… salam kenal mas fais…

     
  17. muryanto

    11 Desember 2009 at 09:53

    jilbab adalah perhiasan terindah bagi wanita,,

    kenuzi50: iya mas… dan wanita adalah perhiasan bagi suaminya…

     
  18. riuna

    24 November 2009 at 08:09

    assalamu’alaikum…..
    ikutan nimbrung y…tadi g sengaja buka blog ne, mmm..gimana y.??bingung…takut nanti akhlaknya g sesuai….,gimana y caranya supaya akhlak Qt sesuai dengan jilbab yan Qt pakai??

    kenuzi50: jilbab lahiriyah, semoga bisa membantu jilbab bathiniyah…

     
  19. uzwa

    6 November 2009 at 14:36

    ayo perempuan indonesia, sudah siapkah kalian memakai jilbab? ^_^

    kenuzi50: siapkan lahir bathin… jihad di jalan Allah……

     
  20. Tingkerbel

    20 Agustus 2009 at 21:17

    Siph. .
    Mdh2an ht kt ikt berhijab. Amin

    kenuzi50: Amin..

     
  21. Chidzir

    31 Juli 2009 at 09:36

    baru keluarga ku dan nenekku, keluarga yang lainnya ga ada yang b’jilbab…

    kenuzi50: semoga kita semua mendapatkan hidayah-Nya…. Amin.

     
  22. Ismi

    1 Mei 2009 at 11:03

    Mampir Mas…and salam kenal. Tak sengaja nemuin blog ini.
    AL-Ahzab 59 dan An-Nur telah mengubah dunia ane 360 derajat. Hidayah itu datang dan ane jemput melalui sebuah cobaan dimana ane harus ikhlas melepas kepergian suami menghadap Allah SWT, 4 tahun silam. Gak tanggung-tanggung, jilbabnyapun guedheeeee…awalnya sih ragu and takut kalo kena warning ama Boss, maklum sekertaris direktur…
    Dengan mengingat bahwa Warning dari ALLAH itu lebih dahsyat, maka confidence aja. Alhamdulillah…si Boss fine-fine aja.
    Bener kok, asal niatnya karena Allah, Insya Allah kita akan selalu dituntun untuk menyeimbangkan antara jilbab yang kita kenakan dengan tingkah laku sehari-hari, asal ya itu tadi berusaha dan berusaha. Jadikan Al-qur’an sebagai bacaan sehari-hari, dan SubhanALLAH itulah yang terjadi pada diri ane, perubahan hidup 360 derajat. (eh…kok malah curhat ya?) anyway…seneng baca postingan-postingannya Mas…sedikit tapi mengena…

    kenuzi50: Subhanallah. salam kenal juga mbak ismi. seneng denger cerita mbak ismi yang membahas al-ahzab dan an-nur semoga selalu mendapat kekuatan yah mbak….. ehm, mbak ismi mau curhat juga boleh kok… kita bisa berbagi cerita tentang apa saja sambil menjalin silaturrahmi…. salam buat pak boss-nya yah…..

     
  23. azip

    23 Maret 2009 at 14:18

    emanglah cantik seorang wanita memakai jilbab dan yang udah cantik malah makin cantik. pokoknya ada deh nilai plusnya dari pada minusnya. hidup wanita berjilbab. (asalkan jangan disalah gunakan untuk hal-hal yang negatif atau hanya untuk kedok sebagai wanita baik-baik tapi nyatanya hatinya bejat sebejat hati orang yang tak pernah mengenal jilbab, itu nyata dan pernah ada)

    kenuzi50: terima kasih kunjungannya mas azip. jilbab hati tentu lebih baik dari jilbab penutup aurat dan lebih baik lagi kedua-duanya…. hidup wanita berjilbab juga….. (mbak upik pasti GR deh…)

     
  24. Nug

    12 Maret 2009 at 19:13

    Barangkali kalo ngajaknya gini: “Taukah anda menggunakan jilbab menyebabkan anda terlihat lebih cantik?” Akan lebih banyak wanita muslim yang mengenakannya yaa.. ?

    Xixixi :D

    *Iya.. iya.. ngaco.. Abi, jangan ikut nimpukin pake somay gitu donk..* :D

    kenuzi50: maksud mas nug, abi disuruh pake jilbab yah….? ha…ha… setuju….!!! :D

     
  25. ernalilis

    10 Maret 2009 at 14:49

    Iya.. Kang.. ada kawan yang sejak SD gak ketemu… eh begitu ketemu.. lha kok ngomongnya…” Whaaalaah kamu itu ternyata bisa jadi perempuan thoo..?”

    kenuzi50: hua…ha….ha… seneng nih bisa baca lagi komentar dari mbak e…. tunggu pembalasannya yah….. :)

     
  26. Ria

    3 Maret 2009 at 17:34

    malu karena aku blom bisa menunaikan kewajiban ini :(

    kenuzi50: stay cool mbak ria, abi aja belum berjilbab tuh….. :D

     
  27. indah rephi

    25 Februari 2009 at 14:34

    pengen… lagi..

    kenuzi50: ehhmmm…….?!?! (berpikir keras..). mbak indah pengen apa….???

     
  28. ernalilis

    24 Februari 2009 at 15:07

    Ehmm jadi inget jaman SD dulu sukanya main sepak bola sama temen-temen cowok.. hihiihi..
    Habis itu naik pohon jambu.. ketinggian.. gak brani turun.. teriaak tolooonggg!

    Sorry-sorry.. Semoga ya Kang Na bisa lebih baik dan bisa nularkan ke mbaknya Na yang sampai sekrang masih ragu saja..

    kenuzi50: semoga temen dan keluarga mbak E dapat hidayah….. eh, mbak E lagi kecil dulu nakal yah…???

     
  29. ernalilis

    24 Februari 2009 at 14:54

    ehmm saya masih terus belajar Mas.. Masih suka pakai celana panjang.. (dulu tomboi banget)

    kenuzi50: hah…??? mbak E yang ke ibuan gini, dulunya tomboy toh….???

     
  30. kweklina

    24 Februari 2009 at 08:31

    wah…semoga jilbah benar digunakan untuk menutupi aurat dan mampu membentengi hati, tuturkata, perbuatan dan pandangan…

    tapi kalau menurut saya , berjiblad jangan separuh-separuh…atas jiblap loh ko mengenakan celana hipster/ sepinggul atau ketat walah…atau baju transparan jadi gimana rasanya mandang ooo sorry ya…saya dulunya biasa lihat gaya2 mahasiwa berjiblab.

    Berjiblab,,,sebaiknya mengenalkan baju muslim, baju yang lebar, tidak mempertunjukan kemolekan tubuh.

    saya kurang paham dalam masalah berjiblab, cuma ini pandangan saya tentang orang berjiblab.

    kenuzi50: mbak aling, saya setuju pendapat mbak aling nih… mudah-mudahan mereka yang berjilbab tuh ikhlas tidak ada tendensi apa-apa….

     
  31. yunitasulistya

    22 Februari 2009 at 20:50

    alhamdulilah… kenuzi, dah pakai jilbab..

    kenuzi50: Alhamdulillah, mbak yuni…..

     
  32. abindut

    22 Februari 2009 at 17:04

    Lah …
    gimana kang uzi nih…
    Baru mau pake aja udah diomelin apa kalau sambil jualan bisa ditimpukin kali… hik..hik..hik..

    kenuzi50: dituimpukin sih enggak, paling di sangka separoh wanita…. ha…ha…. :D

     
  33. nakjaDimande

    22 Februari 2009 at 07:06

    keindahan jilbabku apakah sudah seindah akhlak ku sebagai muslimah..??

    masih tanda tanya..

    kenuzi50: semoga, aku doain yah mbak….

     
  34. abindut

    21 Februari 2009 at 13:39

    Kang saya tidak boleh tuh pake jilbab, dimarahin lagi :(

    kenuzi50: coba aja bi, jualan somay sambil pake jilbab…:)

     
  35. Jafar Soddik

    20 Februari 2009 at 16:18

    Ayat diatas menurut ahli tafsir bukan secara spesifik membicarakan tentang aurat perempuan muslim yang harus ditutupi,

    Atas dasar itu, surat al- Ahzab 59, tampaknya hanya membicarakan ciri khusus pakaian perempuan merdeka, yang membedakannya dari pakaian perempuan budak. Ciri itu adalah jilbab. Jadi, ayat ini secara lahiriah, serta didukung latar belakang turunnya, hanya membicarakan jilbab sebagai ciri perempuan merdeka, untuk membedakannya dengan perempuan budak. Ayat ini tidak membicarakan aurat perempuan.

    Para ahli tafsir, ketika mengartikan jilbab, menghubungkan surat al-Ahzab dengan surat an-Nur : 31.

    Dengan demikian, jilbab adalah pakaian tambahan, pelengkap atau assesoris yang dirangkap pada pakaian lain yang untuk menutup tubuh perempuan merdeka. Wahbah mengatakan, jilbab merupakan pelengkap kewajiban menutup aurat. Ini adalah tradisi yang baik, untuk melindungi perempuan dari sasaran pelecehan laki-laki (Wahbah, II/108).

    Kewajiban memerintahkan menggunakan jilbab kepada anggota keluarga kita adalah wajib hukumnya karena menjaga diri dan keluarga kita dari siksa api neraka adalah suatu kewajiban dan salah satunya adalah tidak membiarkan salah satu anggota keluarga kita yang perempuan untuk masih asyik keluar rumah tanpa menggunakan jilbab. Tapi lakukanlah perintah atau ajakan untuk menggunakan jilbab itu dengan santun dan penuh hikmah sehingga jilbab yang dikenakannya akan mencerminkan keindahan akhlaknya sebagai seorang muslimah.

    kenuzi50: Setuju berat nih mas soddik. Al-Ahzab 59 nya dirangkai dengan An-Nur 31. Koment dari mas Jafar Soddik sebagai pelengkap postingan di atas….

     
  36. upik

    20 Februari 2009 at 13:22

    Jilbab bukan hanya dari segi luar untuk menutup aurat semata, tapi juga menutup diri kita [kaum perempuan] dari segala hal yang tidak baik.. Bukankah perempuan itu memiliki 2 bibir [maaf] dan cenderung menggunakan emosi/perasaan. Dengan jilbab itu, semoga semuanya bisa tertutup dan ibarat benteng tidak akan mudah tersapu oleh hal-hal yang dimurkai Allah..
    Komentarnya susah dan ga nyambung ya mas… Yaaa begitulah deh kira-kita..

    kenuzi50: nyambung banget kok, jilbab tidak hanya identitas kita sebagai muslim tapi juga sebagai benteng agar tidak mudah kepleset….. :D (maklum musim hujan, jadi jalanan licin)

     
  37. upik

    20 Februari 2009 at 13:20

    Hijab ke jalan Allah Mas…

    kenuzi50: betul, mmbak upik…. tak do’ain yah….

     
  38. Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009

    19 Februari 2009 at 23:55

    Harapannya jilbab ini sebagai cara wanita2 ini tidak diganggu sebagaimana ayat dalam Al Ahzab diatas, namun dengan perkembangan dunia dan mode saat ini… ada ke khawatiran ternyata jilbab menjadi alat untuk mengganggu (maksudnya diatasnya dijilbab, karena memang orang berjilbab jauh lebih cantik dibanding tidak berjilbab, namun dibawahnya “terbuka” = ngetat)

    Na’uzubillah

    kenuzi50: butuh kedewasaan untuk bisa menangkap pesan dalam ayat ini, mudah-mudahan mereka berjilbab karena Allah, bukan karena mode…

     
  39. sunarnosahlan

    19 Februari 2009 at 17:27

    baru sebagian mas, (malu)

    kenuzi50: Alhamdulillah, semua butuh proses mas…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 44 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: