RSS

Kesehatan : Asam Urat

07 Jan

Selayang pandang tentang Asam Urat

Pengalaman memiliki kelebihan asam urat dalam darah tidaklah menyenangkan.  Selain mengganggu kegiatan sehari-hari, persendian, terutama pergelangan kaki, pinggang atau lutut, terasa seperti ditusuk jarum.

Penumpukan kristal asam urat yang kronis pada persendian menyebabkan cairan getah bening yang berfungsi sebagai pelicin (lubricant) tidak berfungsi.  Akibatnya, apabila persendian digerakkan akan terjadi gesekan kristal-kristal tersebut sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Asam urat merupakan kristal putih, tidak berbau, tidak berasa, mengalami dekomposisi dengan pemanasan menjadi asam sianida (HCN), sangat sukar larut dalam air, tapi larut dalam gliserin dan alkali.

Asam urat dihasilkan oleh setiap makhluk hidup akibat proses metabolisme utama yaitu, suatu proses kimia dalam inti sel yang berfungsi menunjang kelangsungan hidup. Proses dimulai dari makanan berupa karbohidrat, protein dan selulosa (serat) melalui siklus KREBS yang akan menghasilkan energi. Bila terjadi penyimpangan dalam proses ini, maka asam urat akan menumpuk.

Uji Asam Urat

Untuk memastikan kita terkena asam urat atau tidak dapat dilakukan pemeriksaan sebagai berikut :

1. Pemeriksaan kadar asam urat dalam darah : apabila kadar asam urat dalam darah pada laki-laki lebih 7 mg/dl dan pada wanita lebih dari 6 mg/dl, maka dikatakan menderita asam urat dengan resiko tinggi.

2. Pemeriksaan kadar urin per 24 jam : kadar asam urat dalam urin berlebihan bila kadarnya lebih dari 800 mg/24 jam pada diet biasa, atau lebih dari 600 mg/24 jam pada diet bebas purin.

3. Pemeriksaan cairan sendi, untuk melihat defosit kristal asam urat pada sendi yang mengalami peradangan.

Cara Hindari Asam Urat

Agar kita dan keluarga terhindar dari asam urat, ada baiknya mulai kurangi atau hindari makanan-makanan sebagai berikut :

1.  Jeroan : usus, limpa, paru, hati, jantung dan otak.

2. Melinjo dan olahannya (emping)

3. Kacang-kacangan yang dikeringkan beserta olahannya seperti : kedelai, kacang tanah, kacang hijau, toge oncom, tempe dan tahu.

4. Makanan yang diawetkan : sarden dan kornet

5. Minuman beralkohol : bir, tape, ragi, tuak dan minuman hasil permentasi lainnya.

6. Makanan seafood : cumi-cumi, udang, kepiting, kerang

7. Kaldu/ekstrak daging.

8. Buah-buahan : nanas, durian, nangka

Obat tradisional Asam Urat

1.  Sirsak dimakan atau di juice. Dikonsumsi setiap hari.

2. Daun salam 7 lembar direbus dengan dua gelas air, sampai tinggal satu gelas, diminum pagi dan sore.

3. Labu siam diparut kemudian di saring, diambil airnya diminum setiap hari.

4. Cuka apel yang sudah jadi di campur madu dengan ukuran satu sendok madu ditambah 2 sendok makan cuka apel plus air hangat lebih kurang 50 cc dan diminum selama satu minggu, pagi dan malam.

5. Kentang mentah dan apel malang di juice.

 
9 Komentar

Ditulis oleh pada 7 Januari 2009 in Umum

 

9 responses to “Kesehatan : Asam Urat

  1. femmy polontalo

    2 Januari 2010 at 10:37

    wah mantap nih resepnya pas lg kena asam urat….makasih banyak ya?

    @mbak femmy : oke, selamat mencoba resep alternatif…. moga asam uratnya cepet hilang…. salam…

     
  2. kweklina

    16 Januari 2009 at 08:46

    Selamat pagi sobat….😀😀😀😀😀

    Pagi ini, mau mengucapkan “Thanks dariku dan juga sahabat-sahabatku”, buat Mas Kenuzi…buat tulisan ini.

    Pasti bermanfaat, biar asam urat tak pernah menyapa sobat-sobat kita.

    kenuzi50: mbak aling, seneng deh pagi-pagi udah dikunjungi salah satu bidadari…..salam buat sobat-sobatku di negeri seberang…

     
  3. kweklina

    15 Januari 2009 at 23:14

    Saya jadi in postingan diblogkuya…biar nyebar info bermanfaat ini!😀

    kenuzi50: mbak aling, seneng banget deh bisa berkunjung ke blog ku. pokoknya asal yang bermanfaat, pasti boleh…. makasih yah…

     
  4. kweklina

    10 Januari 2009 at 14:47

    Thanks infonya…akan sangat berguna, bagi yang menderita asam urat…

    Tips-tips itu sudah pernah dicoba kan?

    mungkin akan saya copy, kirim keemail..ada ibu sahabatku asam urat sering kambuh …

    Thanks ya sudah berbagi…

    Kebaikanmu akan Tuhan balas dengan kemudahan hidup !😀

    kenuzi50 : dulu saya pernah kena,… kemudian konsultasi dengan dokter dan di beri obat allopurinol (obat kimiami), dan untuk obat tradisionalnya minum juice sirsak dan cuka apel. mudah-mudahan sahabat ibu mbak, asam uratnya cepat sembuh….

     
  5. bagusweda

    9 Januari 2009 at 09:57

    ya ,salagi kumat tks

    kenuzi50: semoga bermanfaat…

     
  6. fairuzdarin

    8 Januari 2009 at 19:18

    Wah, terima kasih infonya, kakak..
    Eh iya, aku suka sekali keripik nangka khas kota Malang, tapi, aku juga suka makan apel Malang.
    Yang satu perlu dihindari, eh yang satu obatnya..😛

    kenuzi50: hi…hi… jadi balance deh….. Tapi bagi-bagi dong kripik nangkanya, laper nih….

     
  7. syelviapoe3

    8 Januari 2009 at 15:12

    Wah..baru tahu kalo sirsak bisa mengatasi asam urat..

    boleh tahu, gak..kandungan apa yang dimiliki sirsak hingga bisa mengobati asam urat ?

    kenuzi50: katanya mengandung senyawa flavonoida yang bersifat antioksidan yang dapat menghambat kerja enzim xsantin oksidase dan reaksi superoksida, sehingga pembentukan asam urat jadi terhambat. (kalau ada yang lebih tahu,.. pak dokter, bu dokter… tolong dilengkapi referensinya..dong)
    Mbak syelvia, kangen nih… lama gak di tengok mbak syelvia….

     
  8. uki21

    8 Januari 2009 at 15:10

    infa yang langsung saya kopi ke flashdisk saya bolehkan mas?
    karna ibu saya sangat membutuhkan itu..
    makasih banget atas info bermanfaatnya

    kenuzi50: boleh banget mas uki, semoga bermanfaat.

     
  9. Hilal Achmad

    7 Januari 2009 at 08:07

    wah, bermanfaat nih, thanks infonya mas

    kenuzi50: sama-sama, mas Hilal. semoga gak kena asam urat nih…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: